Apa Itu Demokrasi




Nama : Mujaini
Website : http://www.mujee.in
Kategori : Istilah
Pertanyaan Anda : Apa Itu Demokrasi?











Mujaini Apa Itu Demokrasi

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi, baik secara langsung atau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara.

Sistem pemerintahan yang menganut teori kedaulatan rakyat, yakni kekuasaan pemerintah dipegang dan dijalankan oleh lembaga-lembaga negara yang terbentuk dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat (demokrasi). Karena rakyatlah yang pada dasarnya memiliki kekuasaan maka pelaksanaan tugas dan tanggungjawabnya pun harus dipertanggungjawabkan kepada rakyat melalui mekanisme dan tata cara yang telah diatur di dalam undang-undang.

Jadi bisa disimpulkan apa itu demokrasi? adalah sistem dan bentuk pemerintahan Negara, yang mana kekuasaan tertinggi dan berkedaulatan tertinggi berada di tangan semua warga Negara. Sedangkan pemerintah hanya kepanjangan tangan dari rakyat, untuk memimpin suatau negara dan diutusnya wakil-wakil rakyat, yang dipercaya untuk mengawasi kinerja dari pemerintah tersebut. Untuk mengetahui lebih detail tentang penjelasan demokrasi anda bisa menunjungi mujee.in






Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
CARI JAWABAN DISINI