Perangkat-Perangkat Komputer Dan Fungsinya




Nama : Mujaini
Website http://www.mujee.in
Kategori : Teknologi, Komputer
Pertanyaan Anda : Apa saja perangkat-perangkat komputer dan fungsinya?









Mujaini  Perangkat-Perangkat Komputer dan Fungsinya

Dalam sebuah komputer terdiri dari beberapa perangkat yang diperlukan untuk menjadi satu kesatuan dan menjalankan  
 fungsi dari komputer tersebut sesuai dengan kebutuhan dari pengguna. Perangkat-perangkat tersebut berjalan sesuai dengan fungsinya masing-masing untuk mengolah data, informasi, perintah-perintah mulai dari input, proses, penyimpanan dan diterjemahkan menjadi output.

Perlunya kita mengenal dari beberapa perangkat tersebut adalah agar kita mengetahui cara  kinerja komputer. Bagaimana cara memasukkan data, mengolah, memproses, menyimpan dan juga mencetak hasil kinerja kita. Perlu kita ketahui perangkat keras (hardware) komputer adalah alat-alat dari komputer yang dapat dilihat, disentuh atau berwujud/berbentuk untuk mendukung kinerja dari komputer itu sendiri.

Jenis-jenis hardware pada komputer tidak hanya tertuju pada bagian dalam komputer saja, melainkan semua perangkat yang mendukung kinerja komputer. Jika dilihat dari kinerjanya ada beberapa tahap bagaimana hardware tersebut bekerja, diantaranya adalah seperti penjelasan dibawah ini :

1. Input Device

Input device adalah unit yang fungsinya sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor agar bisa diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices yg umumnya digunakan pada komputer (PC) adalah keyboard, mouse, joystick, touch pad, scanner dan lain-lain.


2. Process Device

Unit ini fungsinya untuk mengolah data yang sudah di masukkan melalui perangkat keras masukan. Berikut akan dijelaskan satu persatu yang termasuk dalam perangkat-perangkat pemrosesan. Diantara komponen tersebut adalah Motherboard, Prosesor, RAM (Random Access Memory), VGA Card dan Power supply.
3. Storage Device

Storage atau biasa juga disebut memory adalah suatu tempat penyimpanan atau penampung data dan program. Contohnya seperti hardisk, fleshdisk, cd dan lainnya yang fungsinya sebagai media penyimpanan data.

4. Output Device

Output device adalah perangkat-perangkat komputer untuk menampilkan hasil akhir dari pengolahan yang dilakukan oleh komputer. Perangkat ini merupakan alat yang sangat penting peranannya bagi pengguna komputer karena akan memberikan hasil yang di inginkan dan dapat berbentuk pada sebuah media contohnya adalah kertas. Berikut ini beberapa perangkat yang termasuk dalam output device seperti Monitor, Printer, Speaker dan lain-lain (Infokomputerrakitan.blogspot.co.id)

Untuk pengenalan hardware komputer ini, akan kami kenalkan beberapa hardware untuk bisa merancang komputer sesuai dengan fungsinya masing-masing.

1.       Processor

Adalah perangkat utama dari bagian komputer sebagai pusat pengolahan data, pengendali dan pemerosesan pada sebuah komputer yang mengatur semua instruksi program, kalkulasi dan perintah-perintah dari semua aktivitas yang dilakukan dalam komputer yang berfungsi untuk mengatur, mengontrol dan mengelola semua aktivitas yang ada pada computer sehingga berjalan sebuah sistem komputer. Karena itu, kinerja sebuah komputer  sangat tergantung pada kinerja CPU-nya. Processor atau CPU (Central Processing Unit) bisa dibilang sebagai otak pada sebuah komputer, karena bertugas melakukan perhitungan maupun pemerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.

Semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut sebagai inti dari komputer. Prosesor fungsinya mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan untuk menjalankan program-program komputer, menjelajah internet, memutar lagu, dan menjalankan sistem operasi komputer Anda.  Karena panas yang dihasilkannya, CPU selalu dilengkapi dengan kipas atau heat sink untuk mengurangi suhunya. Pada jenis-jenis CPU terbaru, sudah dilengkapi pula dengan Graphic Processing Unit (GPU) yang terintegrasi ke dalam CPU, sebagai pengolah data-data grafis.


2.       Motherboard

MotherBoard merupakan board/papan induk (papan sirkuit) dimana semua komponen-komponen komputer dipasang mulai dari processor, memori, VGA Card, Sound Card, LAN Card, slot-slot untuk ekspansi, dan lain sebagainya. Setiap perangkat memiliki slot tersendiri sehingga memungkinkan perangkat tersebut melekat di motherboard. Motherboard sendiri berupa papan utama yang berbentuk PCB dan memiliki chip BIOS, jalur-jalur maupun konektor yang berfungsi menghubungkan masing-masing perangkat.

MotherBoard juga biasa disingkat dengan kata mobo dan fungsinya mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Fungsinya untuk menghubungkan seluruh komponen PC  sehingga setiap perangkat berjalan dengan fungsinya masing-masing dan berjalan dengan semestinya.


3.       VGA Card

Adalah sebuah perangkat keras untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar dan mengatur bagaimana kemampuan dari kualitas gambar pada komputer yang berfungsi mengolah data grafik atau menciptakan tampilan-tampilan pada layar monitor. VGA Card memungkinkan data-data dalam bentuk digital ditampilkan dalam bentuk gambar di layar monitor. VGA juga memiliki processor yang biasa disebut GPU (Graphic Processing Unit). Biasanya perangkat keras yang satu ini (GPU) sangat dibutuhkan, khususnya bagi gamer maupun designer.


4.       Hardisk

Atau hard disk drive (HDD) adalah memori tambahan sebagai perangkat keras komputer yang berisi lapisan piringan magnetik oksida berfungsi untuk menyimpan data atau program yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Data yang disimpan berupa Sistem Operasi, aplikasi, dokumen-dokumen dan lain sebagainya. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. (Deviceskomputer.blogspot.co.id)

Harddisk saat ini sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB dan akan terus bertambah dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi komputer. Kecepatan putaran harddisk menentukan kecepatan akses ke setiap data. Dalam sebuah hard disk terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung oleh hard disk tersebut. 

Harddisk memiliki komponen-komponen : piringan logan (platter), head, rangkaian elektronik, rangkaian penguat, DSP (digital signal precessor), chip memory, konektor, spindle, dan actuator arm motor controller. Pada PC terbaru, ada juga perangkat keras baru yang bernama Solid State Drive (SSD). Fungsinya sama seperti hard-disk, namun menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat.


5.       SSD

SSD merupakan media penyimpanan yang menggunakan jenis memory solid state untuk penyimpanan datanya. SSD juga memiliki fungsi yang sama seperti hard disk, namun sedikit berbeda dengan hard disk. SSD atau Solid State Drive merupakan inovasi terbaru dari pendahulunya yaitu hard disk. Data pada SSD disimpan pada chip-chip memori flash yang saling terhubung. Chip-chip tersebut memiliki kecepatan dan reliabilitas yang lebih tinggi dari USB Thumb Drive (UFD). Dalam segi harga, SSD lebih mahal daripada HDD meskipun dengan kapasitas yang sama.


6.       RAM

RAM (Random Acces Memory) perangkat keras komputer sebagai memory yang bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yang dibutuhkan processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi. Informasi tersebut dapat berbentuk perintah-perintah maupun data-data. Memori mempunyai ruang-ruang penyimpanan dimana masing-masing ruang penyimpanan tersebut mempunyai alamat sendiri yang berupa nomor-nomor yang menunjuk lokasi tertentu pada memori tersebut.

Berbeda dengan hard disk, penyimpanan pada RAM bersifat sementara. Jadi ketika komputer dimatikan, data maupun instruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang/ dikosongkan kecuali komputer tersebut dalam mode hibernate. RAM bersifat volatile, artinya perangkat ini tidak meyimpan data secara permanen, hanya untuk operasi yang dibutuhkan saja. Kapasitas RAM pada PC yang sering kita temukan cukup beragam , mulai dari 256 MB (MegaBytes) – 16 GB (GigaBytes). Ada bebrapa jenis RAM yang ada dipasaran :
•        SDRAM
•        DDRAM


7.       Casing

Chasing adalah tempat dimana semua perangkat komputer dikumpulkan dalam satu tempat, baik itu motherboard, card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU). Casing disebut juga dengan System Unit.


8.       PC Cooler/ Heatsink

PC cooler/ heatsink merupakan perangkat komputer yang berfungsi mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer untuk membantu proses pendinginan pada processor agar komputer tetap stabil. Seperti yang kita ketahui bahwa panas pada komputer yang berlebihan dapat merusak hardware lain di dalamnya, maka peranan PC cooler/ heatsink sangatlah dibutuhkan. Kipas atau Pendinginan komputer dan yang sering juga disebut pendinginan CPU


9.       Sound Card

Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Sound Card merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai media pengolah data berupa audio ataupun suara.

10.     Flash Disk

Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas tertentu. Flash disk menggantikan kedudukan disket karena ukurannya yang lebih kecil dan mempunyai kapasitas yang lebih besar seperti 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB,  2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, sampai 32 GB kapasitas penyimpanan. Fungsi dari flash disk adalah untuk menyimpan data tambahan selain yang ada pada hardisk dan CD/DVD.

Masih banyak perangkat keras komputer dan fungsinya, untuk mengetahui lebih detail secara langkap perangkat keras komputer anda bisa berkunjung ke mujee.in








Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
CARI JAWABAN DISINI