Soal Character Building






Nama : Sarizal
Kategori : Perilaku
Pertanyaan Anda Soal Character Building
1. Bagaimana caranya mensosialisasikan pancasila sebagai ideologi Negara sehingga dipahami oleh masyarakat Indonesia sebagai karakter bangsa. Jelaskan dan berikan 
Contohnya
Membuat film
2. Apa manfaat interaksional sosial di dalam membentuk kepribadian manusia . jelaskan dan berikan contohnya.
3. Bagaimana anda mengetahui dan memahami kekurangan dan kelebihan diri anda, dan untuk apa anda mengetahui kekurangan dan kelebihan diri anda. Jelaskan dan berikan contohnya.
4. Bagaimana factor budaya dapat mempengaruhi pribadi manusia ketika bersosialisasi dan berinteraksi. Jelaskan dan berikan contohnya.
5. Bagaimana menurut pendapat anda cara membangun karakter masyarakat supaya masyarakat memahami nilai-nilai budaya bangsa Indonesia dan tidak kehilangan jati dirinya. Jelaskn dan berikan contohnya.
6. Bagaimana cara anda memfilter budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya anda sendiri. Jelaskan dan berikan contohnya.
7. Bagaimana cara anda membangun relasi dan membangun hubungan baik antar sesama di lingkungan tempat tinggal anda. Jelaskan dan berikan contohnya.
8. Factor-faktor apa yang menyebabkan asimilisasi dan akomodasi di dalam masyarakat . jelaskan dan berikan contohnya.
9. Bagaimana menurut pendapat anda pemahaman demokrasi sebagai individu dan masyarakat. Jelaskan dan berikan contohnya.
10. Bagaimana menurut pendapat anda menanggapi banyaknya kasus penyimpangan anak di bawah umur yang ditayangkan televisi, seperti kasus pemerkosaan anak, baik pelakunya di bawah umur maupun korbannya. Jelaskan.











Mujaini 3. Cara mengetahui kekurangan dan kelebihan adalah dengan cara :

a.       Instropeksi diri sendiri,
b.       Mengingat-ingat kebiasaan yang dilakukan ketika melakukan tindakan sehari-hari
c.       Bertanya dengan teman dan orang-orang sekitar

Setelah mengetahui kekurangan diri sendiri yang perlu kita lakukan adalah Berusaha untuk mengurangi kekurangan dan mengendalikannya serta tidak rendah diri dengan kekurangan tersebut, sedangkan setelah kita mengetahui kelebihan kita hendaknya untuk mengembangkan kelebihan kita dan tidak berlaku sombong dengan kelebihan kita

6. Lihatlah budaya tersebut sesuai tidak dengan etika yang ada pada budaya kita, kemudian lihat pada mudharat (bahaya) dan maslahatnya (kebaikan). Jika lebih banyak maslahatnya maka budaya tersebut kita ambil tapi jika sebaliknya, mudahratnya lebih banyak maka kita tinggalkan.

7. Yang perlu kita lakukan adalah bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik, kemudian saling menghargai sesama kita, dan menciptakan suasana saling membantu satu sama lain dan menghindari ego bahkan tidak saling menjatuhkan bahkan saling menasehati.

10. Hal tersebut dikarenakan adanya krisis moral yang ada pada masayarakat, teknologi semakin maju tapi tidak diikuti dengan moral yang meningkat sehingga perilaku para masyarakat yang tidak mendapatkan pendidikan moral yang baik dan selalu disuguhkan dengan tontonan yang tidak mendidik dan bahakan terkesan mengarah pada tontonan yang radikal, brutal dan bebas. hal tersebut juga kurang perannya pemerintah dalam memberikan pelayanan yang baik, baik itu dari segi keamanan, kestabilan ekonomi (pengangguran meningkat, PHK bertambah, sulit mencari kerja), hukum yang adil. yang diperlukan dalam mengatasi krisis moral tersebut adalah

a. Pendidikan agama,
b. Perbaikan perilaku dan Akhlak
c. Tontonan dan tuntunan yang baik
d. Peningkatan Keamanan
e. Ekonomi yang stabil
f. Hukum yang adil
g. Mendapatkan pekerjaan yang layak (tidak harus bekerja tapi juga berbisnis)




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
CARI JAWABAN DISINI