Mengapa Budaya Barat Ada Di Indonesia




Nama : Nurnaningsi Bamu
Email : dikosongkan@gmail.com
Website :
Kategori : Mahasiswa
Pertanyaan Anda : Mengapa budaya  barat ada ke indonesia?










Mujaini

Masuknya budaya Barat ke Indonesia disebabkan salah satunya karena adanya krisis globalisasi yang meracuni 
Indonesia. Pengaruh tersebut berjalan sangat cepat dan menyangkut berbagai bidang kehidupan. Tentu saja pengaruh tersebut akan menghasilkan dampak yang sangat luas pada sistem kebudayaan masyarakat. Begitu cepatnya pengaruh budaya asing tersebut menyebabkan terjadinya goncangan budaya(culture shock), yaitu suatu keadaan dimana masyarakat tidak mamapu menahan berbagai pengaruh kebudayaan yang datang dari luar sehingga terjadi ketidakseimbangan dalam kehidupan masyarakat yang bersangkutan.

Secara timbal balik, tiap peradaban akan berpengaruh satu sama lain. Hukum sosial berlaku bagi semua peradaban. Peradaban yang maju, pada suatu masa, cenderung memiliki perngaruh yang luas bagi peradaban-peradaban lain yang berkembang belakangan.

Perkembangan terknologi, terutama masuknya kebudayaan asing (barat) tanpa disadari telah menghancurkan kebudayaan lokal. Minimnya pengetahuan menjadi pemicu alkulturasi kebudayaan yang melahirkan jenis kebudayaan baru. Masuknya kebudayaan tersebut tanpa disaring oleh masyarakat dan diterima secara mentah. Akibatnya kebudayaan asli masyarakat mengalami degradasi yang sangat luar biasa.

https://yulianovrina1.wordpress.com/2012/11/13/kebudayaan-barat-di-indonesia







Mujaini Masuknya budaya asing yang lebih mudah diserap dan ditiru oleh orang-orang muda dan tua. Kebebasan setiap orang

yang mengakses atau menggunakan teknologi, sehingga mudah juga masuknya budaya barat diindonesia secara bebas tanpa ada filterisasi. Mudahnya mengakses budaya barat seiring berkembangnya teknologi, hal tersebut diiringi keinginan dilihat lebih baik (menurut mereka), mengikuti trend, gaul dan alasan-alasan yang menurut mereka masuk akal untuk mengikuti budaya tersebut.






Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
CARI JAWABAN DISINI